Pakaian

# Pakaian
Ust. Fuad Hamzah Baraba LC

Setiap manusia membutuhkan pakaian, yang dapat melindunginya dari sengatan terik matahari, atau dinginnya udara. Pakaian yang dengannya bisa meutup auratnya. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”. (QS. Al A’raaf: 26).

Pakaian termasuk kebutuhan primer dalam kehidupan. Seorang suami harus menyiapkan pakaian untuk keluarganya (anak dan istrinya).

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

استوصوا بالنساء خيرا ، فإنما هن عوان عندكم ، لاتملكون منهن غير ذلك ألا وإن لكم في نساءكم حقا ، ألا وإن لنسائكم عليكم حقا ، فحقكم عليهن أن لا يوطئن فرشكم من تكرهون ولا يأذنّ في بيوتكم من تكرهون ، وحقهن عليكم أن تحسنوا إليهن في طعامهن وكسوتهن

“Hendaklah kalian berbuat baik kepada wanita. Karena mereka laksana tawanan kalian. Kalian tidak berkuasa terhadap mereka sedikitpun selain itu. Ketahuilah bahwa kalian mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi oleh istri-istri kalian, dan mereka juga mempunyai hak yang harus kalian penuhi. Adapun hak kalian yang harus dipenuhi oleh istri kalian adalah mereka tidak boleh mengijinkan seorangpun berada di tempat tidur kalian dan tidak mengijinkan masuk ke dalam rumah kalian orang yang kalian benci. Sedangkan hak istri kalian yang wajib kalian penuhi adalah memberikan makanan dan pakaian kepada mereka dengan baik“. (HR. At-Tirmidzi).

Maka pilihlah pakaian yang menutup auratmu, pakaian yang bisa kau gunakan untuk menyembah Rabbmu, dalam rangka mensyukuri nikmat Allah Ta’ala yang Dia berikan kepadamu.

Namun hendaknya tetap sederhana dalam hal pakaian, tidak boros dan dan berlebih-lebihan atau bahkan sombong, karena hal itu dilarang di dalam islam.

Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua.

**

Posted by Abu Hamzah Suparwan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s