PUJIAN YANG MEMBINASAKAN

PUJIAN YANG MEMBINASAKAN

Suatu hari ada seorang laki-laki yang memuji sahabatnya di hadapan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliaupun bersabda: “Celakalah engkau.. Engkau telah membunuh sahabatmu”. Beliau mengucapkannya berulang-ulang. Selanjutnya beliau bersabda: “Jika salah seorang diantara kamu memuji sahabatnya maka katakanlah, “Aku kira si Fulan (begini dan begitu) dan Allah subhanahu wa taala yang berhak menilainya. Dan aku tidak mensucikan siapapun dihadapan Allah. Aku menilai dia begini dan begitu..” (muttafaq alaih)

Catatan:

Pada hadits diatas rasulullah mengilustrasikan kata-kata sanjungan dan pujian dengan kebinasaan, hal itu disebabkan kata-kata tersebut memiliki dampak buruk bagi jiwa,  terutama bagi mereka yang sangat mendambakan pujian. Ia akan membuat orang yg dipuji takabbur dan merendahkan orang lain. Bila itu terjadi, maka mereka akan enggan menerima nasehat dan kritik, obsesi mereka adalah keharuman nama dan popularitas, sehingga tidak heran bila suara kebenaran akan lenyap, keadilan akan dikebiri. Karena semakin seseorang dipuji maka kemunafikan akan muncul pada dirinya, kepalsuan akan tumbuh, dan pada akhirnya pujian akan mengantarkannya pada penyakit mental, penyakit suka dipuji atas apa yang tidak pernah dilakukannya. Itulah sebabnya mengapa rasulullah menyuruh untuk melemparkan debu ke wajah orang yang suka memuji.

Bila harus memuji orang lain, maka sebaiknya pujian tersebut obyektif dan terbingkai dengan kejujuran. Dalam arti bahwa apa yang kita sanjung benar-benar ada pada diri orang tersebut. Sembari mengatakan, “Saya tidak ingin menyucikan siapapun di hadapan Allah”.

Jadi berhati-hatilah saat menyanjung/memuji orang lain.

______________
Madinah 3 Dzulhijjah 1436 H
ACT El-Gharantaly

Posted by Abu Hamzah Suparwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s