MEREDAM MARAH

# MEREDAM AMARAH #
Ust. Rochmad supriyadi LC

Amarah dan kemurkaan merupakan celah kelemahan suatu jiwa, yang akan digunakan oleh setan untuk menguasai tubuh manusia, sehingga sekiranya kita mengetahui peredam dan penawar kemarahan merupakan sesuatu yang lazim, dan diantara cara untuk meredam amarah diantaranya sebagai berikut :

* Mengetahui keutamaan meredam amarah. 

Sekiranya kita mengetahui keutamaan sesuatu maka niscaya akan mempermudah untuk mengapai nya.
Diriwayatkan dari Sahlin ibnu Mu’adz ibnu Anas dari ayahnya, bahwa Rosulillah Sallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Barang siapa yang mampu menahan amarahnya sedangkan dirinya mampu untuk melakukan nya, niscaya Dia akan dipanggil Allah Ta’ala kelak hari kiamat dihadapan seluruh para makhluk untuk diberikan kesempatan untuk memilih bidadari yang ia kehendaki “. ( HR Abu Dawud dan Tirmidzi ).

Dari sahabat Abdullah bin Umar mengatakan, bahwa Rosulillah Sallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Tidaklah seorang hamba menahan sesuatu yang akan mendapatkan pahala besar disisi Allah Ta’ala dari menahan amarahnya karena semata mata mencari ridho Allah Ta’ala ” . ( HR Ibnu Majah ).

* Menjauhi perkara yang dapat mendatangkan kemarahan dan berusaha untuk mencegahnya.

Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, suatu hari seseorang datang kepada Nabi Sallallahu alaihi wa sallam untuk meminta wasiat, maka Nabi Sallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Janganlah kamu marah “. Dan wasiat ini diulang berkali kali diucapkan Nabi Sallallahu alaihi wa sallam, ” Janganlah kamu marah “. ( HR Bukhary ).

Imam Ibu Rojab rahimahullah berkata, ” Wasiat Nabi Sallallahu alaihi wa sallam kepada orang tersebut memiliki dua makna:

Yang pertama, maknanya adalah perintah agar menjaga perilaku yang baik, seperti pemurah, dermawan, santun, menjaga rasa malu, rendah hati dan tawadhu’ , menahan diri dari amarah, memaafkan kesalahan, bermuka ceria, dan semisalnya. ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s