Sumber kehidupan

# SUMBER KEHIDUPAN#
Ust. Rochmad supriyadi LC

Sumber kehidupan makhluk hidup ada dua perkara yang Allah Ta’ala turunkan, antara satu berkaitan dengan lainnya.

Yang pertama adalah sumber kehidupan bagi hati manusia yaitu hanya dapat ditempuh melalui wahyu Ilahi, sebagaimana yang telah difirmankan Allah Ta’ala, “Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. Ia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril). Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. Dengan bahasa Arab yang jelas “. (QS Asy-Syua ‘ ro 192-195 ).

Sesungguhnya hati manusia tidak akan hidup dan tidak akan menjadi baik kecuali bila berinteraksi dengan wahyu Ilahi yang merupakan kalam ilahi yang Allah Ta’ala turunkan dan diagungkan yang tidak terdapat disana kebathilan.

Allah Ta’ala berfirman, ”  Yang tidak datang kepadanya (Al Quran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji “. (QS Fusshilat 42 ).

Sumber kehidupan yang kedua adalah air yang Allah Ta’ala turunkan dari langit, sebagaimana firman Allah Ta’ala, ” Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji “. ( QS Asy-Syuro 28 ).

Allah Ta’ala berfirman, ” Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?  Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? “. ( QS Al-Wāqi ‘ ah 68-70 ).

Allah Ta’ala telah banyak menyebutkan dua sumber kehidupan ini diberbagi tempat dalam kitab Al-Qur’an, seperti yang difirmankan, ” Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s