PUASA DI BULAN HARAM

PUASA DI BULAN HARAM
Ust. Rochmad supriyadi LC

Sesungguhnya Allah Ta’ala menjadikan bulan dalam satu tahun menjadi dua belas bulan, diantara bulan bulan tersebut ada bulan puasa, ada bulan haji, dan ada pula bulan-bulan haram. Dan di dalam hal itu semua Allah Ta’ala memiliki hikmah yang dalam.

Dan sekarang kita berada diantara bulan-bulan haram yang Allah Ta’ala berfirman di dalamnya, “Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, dan diantaranya empat bulan haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka jangan sekali-kali kalian berbuat aniaya pada diri-diri kalian di bulan tersebut”. (QS.At-Taubah: 36).

Jika sekiranya berbuat ketakwaan dianjurkan di setiap saat pada bulan-bulan tersebut, maka pada bulan-bulan haram ini hendaknya lebih dijaga dan dipelihara. Berkata Qotadah, “Amal shalih di bulan-bulan haram akan lebih agung dan berlipat, dan sebaliknya berbuat aniaya dan dholim di bulan tersebut akan lebih besar dosanya dari bulan-bulan lainnya, walaupun kedholiman tetap besar di mata Allah kapanpun”.

Dan diantara perkara yang disyariatkan pada bulan haram ini adalah melakukan puasa, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seutama-utama puasa setelah puasa di bulan Ramadhon adalah puasa dibulan muharom, dan seutama-utama sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam”. (HR.Muslim).

Jika sekiranya seorang muslim berkesempatan memperbanyak berpuasa di bulan ini maka itu adalah keberuntungan, jika sekiranya berhalangan maka hendaknya ia menyempatkan agar berpuasa pada tanggal kesepuluhnya, sebagaimana Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Asyuro’ maka menjawab,” Menghapus dosa setahun yang lalu “. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Aku tidak melihat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersemangat melakukan puasa hari Asyuro’ melebihi puasa yang lainnya”. (HR Bukhari dan Muslim).

Yang utama bagi yang melakukan puasahendaknya agar berpuasa sehari sebelumnya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s