Muamalat ribawi dan bahayanya

# Mu’amalat Ribawi & Bahayanya 1#
Ust. Kholid Syamhudi, Lc

Muqaddimah
Diantara permasalahan yg sering terjadi & menimpa kaum muslimin dlm muamalat maliyah adalah permasalahan Riba. Sehingga sudah menjadi kewajiban org yg masuk dlm muamalat ini untuk mengetahui permasalahan ini dg baik & jelas.

Pengharaman Riba
Diharamkannya riba berdasarkan. Kitabullah & Sunnah Rasul serta ijma’. para ulama. Bahkan bisa dikatakan. keharamannya sudah menjadi aksioma dlm ajaran Islam ini.

Dalil2 yg Mengharamkan Riba dari Al-Qur`an.
Al-Qur’an telah membicarakan riba dlm empat tempat terpisah; salah satunya adalah Ayat Makkiyyah, sementara tiga lainnya adalah Ayat- ayat Madaniyyah.

dlm surat Ar-Ruum Allah Ta’ala berfirman:

وَمَآءَاتَيْتُم مِّن رِّبًا لِيَرْبُوا فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلاَ يَرْبُوا عِندَ اللهِ وَمَآءَاتَيْتُم مِّن زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللهِ فَأُوْلاَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

“& sesuatu Riba (tambahan) yg kamu berikan agar Dia bertambah pada harta manusia, Maka Riba itu tidak menambah pada sisi Allah. & apa yg kamu berikan. berupa zakat yg kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yg berbuat demikian) Itulah org-org yg melipat gandakan (pahalanya).” (QS. Ar-Ruum : 39)

» Tadi malam aku melihat dua org lelaki, l alu keduanya mengajakku pergi ke sebuah tanah yg disucikan. Kamipun berangkat sehingga sampai ke satu sungai yg berair darah.

Di situ terdapat seorg lelaki sedang berdiri. Di tengah sungai terdapat seorg lelaki lain yg menaruh batu di hadapannya.

Ia menghadap ke arah lelaki yg ada di sungai. Kalau lelaki di sungai itu mau keluar, ia melemparnya dg batu sehingga terpaksa lelaki itu kembali ke dlm sungai darah.

Demikianlah seterusnya setiap kali lelaki itu hendak keluar, lelaki yg di pinggir sungai melempar batu kemulutnya sehingga ia terpaksa kembali lagi seperti semula.

Aku bertanya: “ Apa ini?”

Salah seorg lelaki yg bersamaku menjawab: “yg engkau lihat dlm sungai darah itu adalah pemakan riba.”

# Mu’amalat Ribawi & Bahayanya 2#
Ust. Kholid Syamhudi, Lc

•Periodisasi Pengharaman Riba.
Sebagaimana khamr, riba tidak Allah haramkan sekaligus, melainkan melalui tahapan yg hampir sama dg tahapan pengharaman khamar:

1. Tahap pertama: dg mematahkan paradigma manusia bahwa riba akan melipatgandakan harta.

2. Tahap ke2: Memberitahukan bahwa. riba diharamkan bagi umat terdahulu.

3. Tahap ke3: Gambaran bahwa riba secara sifatnya akan menjadi berlipat ganda.

4. Tahap ke4: Pengharaman segala damacam & bentuk riba.

Balasan Pemakan Riba

Imam Al Sarkhasi menyampaikan 5 balasan & hukuman bagi pemakan riba yg ada dlm ayat-ayat ini (Al Baqarah: 275-279) yaitu:

1~ Kesurupan,
seperti dlm firman Allah Ta’ala:

“org-org yg Makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya org yg kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yg demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dg riba, Padahal Allah telah menghalalkan jual beli & mengharamkan riba. org-org yg telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yg telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); & urusannya (terserah) kepada Allah. org yg kembali (mengambil riba), Maka org itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Baqarah: 275)

2~ Dihapus (barokahnya),
seperti dlm firman-Nya ‘Azza wa Jalla:
يَمْحَقُ اللهُ الرِّبَا

“Allah memusnahkan Riba…”(QS. Al Baqarah: 276)

3~ Kufur,
bagi yg menghalalkannya dijelaskan dlm firman-Nya Subhanahu wa Ta’ala:
يَمْحَقُ اللهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللهُ لاَ يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

“Allah memusnahkan Riba & menyuburkan sedekah, & Allah tidak menyukai Setiap org yg tetap dlm kekafiran, & selalu berbuat dosa.”(QS. Al Baqarah: 276)

http://m.klikuk.com/balasan-pemakan-riba/

Semoga berguna

by Abu Hamzah Suparwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s