BERQURBAN

* BERQURBAN *
Ust. Rochmad supriyadi LC

Berqurban atau yg dikenal dg udhiyah adalah sesuatu yg disembelih diwaktu dhuha, atau sesuatu yg di sembelih. dari hewan onta-sapi-domba dlm rangka ibadah mendekatkan diri kpd Allah سبحانه وتعالى dihari ied Qurban. Hukum melakukan ibadah ini paling tdk. sunnah muakkadah, bahkan sebagiyan ahli ilmu berpendapat wajib bagi yg mampu.

Allah سبحانه وتعالى berfirman, “Dan setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yg. dikaruniakan Allah kpd mereka yg berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yg Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kpd-Nya. Dan sampaikan (wahai Muhammad ) kabar gembira kpd orang2 yg tunduk dan patuh (kpd Allah). QS Al-Hajj 34.

Didalam melaksanakan ibadah ini tentu kita tdk sembarangan berkurban, tentu memilih dan memilah mana yg layak dipersembahkan kpd Allah dan mana yg tdk pantas.

Paling tdk harus cukup umur dan selamat dari cacat dan tdk terlalu kurus yg mana bertolak belakang dari makna berkurban.

Allah سبحانه وتعالى berfirman, “Demikianlah, Dan barang siapa yg mengagungkan Syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketaqwaan hati”.QS Al-Hajj 32.

Berkata Ibnu Katsir dlm tafsirnya, “Termasuk dalam ayat ini mengagungkan hewan kurban yg mana memilih yg paling baik paling gemuk paling mahal. Berkata Abu Umamah ibn Sahl,” Kami dahulu dimadinah memilih yg paling berharga(mahal) dan kaum muslimun di hari itu memilih yg paling tinggi harganya”. HR Bukhary.

Dan Allah سبحانه وتعالى menegaskan didalam ayat yg muliya yg sepantasnya kita memperhatikannya , “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tdk akan sampai kpd Allah, tetapi yg sampai kpd-Nya adalah ketaqwaan kamu.” Qs Al-Hajj 37.

**

Allah سبحانه وتعالى berfirman,” Tidak akan sampai daging (hewan kurban) dan darahnya kpd Allah, akan tetapi yg sampai kpd-Nya adalah ketaqwaan kamu. Demikianlah Dia mengarunia- kannya utkmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yg Dia berikan kpdmu. Dan sampaikanlah kabar gembira kpd orang2 yg berbuat baik “. QS Al-Hajj 37.

Berkata Imam Ibnu Katsir dlm tafsirnya 10/70 ,” Allah سبحانه وتعالى mengatakan,” Sesungguhnya disyariatkan bagi kaliyan berkurban dan menyembelih sembelihan, agar kaliyan ingat kpd-Nya tatkala menyembelih, karena Dia adalah Sang Pencipta dan Pemberi Rizki, dan tdk akan butuh pada daging dan darah nya sedikitpun, dikarenakan Ia adalah Dzat Yg Maha Kaya atas selainnya.

Dahulu d zaman jahiliyah,bilamana mereka menyembelih utk tuhan2 mereka, mereka menaruh daging dan darah dihadapan berhala mereka,dan memerciki darah padanya. Maka dlm syariat islam Allah tegaskan ” Tdk akan sampai daging dan darah tsb kpd Allah sedikitpun “.

by Abu Hamzah Suparwan

Leave a comment