RIDHO TERHADAP MUSIBAH

* RIDHO TERHADAP MUSIBAH *
Ust. Rochmad supriyadi LC

Seorang hamba yang beriman tatkala tertimpa musibah, baginya dua keadaan;

– Pertama, Ridho terhadap musibah, dan ini yang paling tinggi derajatnya dan paling sempurna. – Kedua, Sabar terhadap musibah, dan ini kewajiban seorang mukmin.

Orang yang ridho pada cobaan dan ujian, mereka memandang hikmah dari ujian tersebut, dan kandungan yang ada di dalam nya. Dilain sisi mereka. memandang keagungan Dzat Yang Memberikan cobaan, yaitu Allah سبحانه وتعال ى Yang Maha Mulia dan Semp urna, yang menjanjikan pahala dan surga.

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda,” Sesungguhnya Allah سبحانه وتعالى apabila mencintai suatu kaum maka memberikan ujian kepadanya, barang siapa yang ridho dengan ujian tersebut, maka ia meraih keridhoan Allah, dan barang siapa yang murka (menggerutu/tidak ridho), maka baginya murka Allah “. HR Tirmidzy.

Berkata Ibnu Mas’ud رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ,” Sesungguhnya Allah dengan pengetahuan dan Adil Nya, menjadikan kelapangan dan. kebahagiyaan terletak pada ridho dan yakin. Dan menjadikan kesedihan dan kesusahan terletak pada keraguan dan kemurkaan “.

Berkata Alqomah, menafsirkan firman. Allah سبحانه وتعالى ,” Dan barang siapa yang beriman dengan Allah (atas suatu musibah) niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hati nya “. QS At-Taghabun 11.

Yaitu ; suatu musibah yang menimpa. seorang hamba, maka ia menyadari bahwa musibah tersebut datang dari Allah سبحانه وتعالى , dan senantiasa ridho atas apa yang menimpa pada nya.

Berkata Abu Mua’wiyah Al-Aswar, menafsirkan firman Allah سبحانه وتعالى ,” Maka Kami pasti akan memberikan kepadanya kehidupan yang baik “. QS An-Nahl 97.

Yaitu ; Ridho dan Qona’ah.

by Abu Hamzah Suparwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s