Hadits 2. Air yang berubah bau warna & rasanya

Berkata imam Asy Syaukani rahimahullah: “..kecuali apabila berubah baunya, warnanya, dan rasanya akibat terkena najis”.

Syarah:

Ini berdasarkan ijma’ ulama, ibnul Mundzir dalam kitab al ijma’ (hal 33) berkata: “Mereka (para ulama) berijma’ bahwa air yang sedikit atau air yang banyak apabila terkena najis dan merubah rasanya atau baunya atau warnanya, ia menjadi najis selama keadaannya demikian”.
Dan yang menyatakan ijma’ juga adalah imam An Nawawi, ibnul Mulaqqin, ibnu Qudamah dan lainnya.
Adapun hadits: “Air itu suci tidak dinajiskan oleh sesuatupun kecuali kecuali apabila berubah baunya, warnanya, dan rasanya akibat terkena najis”. Lafadz: “Kecuali..dst adalah dla’if, imam An Nawawi berkata: “Lafadz ini dla’if dengan kesepakatan para ahli hadits, karena dalam sanadnya terdapat Risydin bin Sa’ad yang disepakati kelemahannya”.

Berkata imam Asy Syaukani rahimahullah: “..dan dari sifat yang kedua (yaitu mensucikan) apa-apa yang keluar dari nama air mutlak dari apa-apa yang merubahnya dari benda-benda yang suci”.

Syarah:

Maksud beliau, bahwa air yang berubah oleh sesuatu yang suci seperti sabun, teh, kopi dsb, sehingga keluar dari nama air mutlak, maka air seperti ini suci namun tidak mensucikan.
Dan air mutlak adalah air yang masih berada pada asal penciptaannya.
Ini menunjukkan bahwa air mutlak hanya ada dua macam: air thahuur (suci mensucikan) dan air najis.
Adapun air yang suci namun tidak mensucikan adalah air yang telah keluar dari nama air mutlak, yaitu air yang tercampur dengan sesuatu yang suci dan mengeluarkannya dari nama air mutlak.
Ini juga menunjukkan bahwa air bila tercampur dengan benda yang suci dan belum mengeluarkannya dari nama air mutlak maka air itu tetap suci mensucikan, seperti air bak yg berubah menjadi hijau oleh lumut atau daun yg jatuh padanya.

Faidah:
Bila bangkai berada di sisi air, lalu bau bangkai itu merubah bau air, maka air itu tidak menjadi najis, sebagaimana dikatakan oleh syaikh Utsaimin dalam syarah bulughul maram.

by Abu Hamzah Suparwan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s